ThisBelajar Source SliderHTML caption with a link.

Mengenal Unity3d


Apa itu Unity3d, Untity3d adalah sebuah game developing software. selain bisa untuk build game PC, Unity3d juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, & android.

Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. oya, bisa juga buat web, cuma kita harus install Unity webplayer nya kedalam PC kita.

Buat anda yang sudah mahir dengan bahasa pemrograman JAVA SCRIPT, CS SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT anda juga dapat memasukan scrift hasil karya anda dalam penggunaan Unity3d.

Bagi anda yang ingin mulai belajar, jangan takut, Unity3d tergolong cukup mudah untuk dikuasai. ane yang dulunya mual ngeliat "keritingnya-sebuah-script yg kaya MIE" pun dikit-dikit bisa mulai kenalan sama Unity & bikin game sederhana.

Jika anda yang belum memiliki Unity3d, anda bisa mendownloadnya pada link di bawah 
[Link masih aktif dan bisa dipergunakan]. 

Untuk lebih detail mengenai unity silahkan langsung kunjungi saja webnya di http://www.unity3d.com dan silahkan terpesonalah melihat fitur serta demo game yang tersedia di websitenya.

Belajar Membuat Game 2D 
Kenapa 2D?. padahal unity kan engine game 3d?

Ok, saya anggap untuk instalasi gak perlu dituntun kayaknya, standart aja, download, next next next,
Kalau untuk versi free tinggal register sebentar sebelum menggunakan, atau kalau mau mencari versi berbayar yang free yaa silahkan dicari sendiri.

Setelah create a project (untuk game 2D kita tidak membutuhkan library-library yang ditawarkan, sehingga langsung saja create tanpa memilih package yang ditawarkan
Ok, berikut tampilan standar unity:

Mungkin punya kalian masih kosong, tapi yang penting sekarang kita sama-sama tau kegunaan kotak-kotak di unity itu.
  1. Workspace kita, tempat kita bekerja, kalau untuk game 3D kita akan memasukkan benda, memutar benda, mengatur lokasi dengan melihat workspace ini, tetapi untuk game 2D yang akan kita buat kita tidak akan menggunakan fitur ini
  2. Inspector, merupakan tempat untuk mengatur property dari resources yang kita miliki, seperti misalnya ukuran gambar, texture yang dipakai dsb
  3. Hirearchy, merupakan tempat untuk setiap object yang ada di unity, jadi misalkan kita punya orang, pohon, laut, awan, dsb semuanya akan masuk kesitu. Tetapi sekali lagi, untuk game 2D yang akan kita buat, kita hanya akan menggunakan 2 Object saja, gameobject, dan main camera
  4. Resources, tempat kita menyimpan resource yang kita punya. Misalkan gambar untuk tekstur, suara, font, Scene, dsb semuanya akan ditaruh disini.
Oh iya, dalam unity, dunia diwakilkan dalam scene, sehingga satu dunia merupakan sebuah scene sendiri, misalkan scene level 1 di pintu gerbang, scene level 2 di dalam istana dsb. Atau scene 1 untuk level easy, scene 2 medium, dst.
Intinya kita dapat menggunakan scene untuk perpindahan adegan dalam game kita.


Membuat Main Menu 
Jadi silahkan buat new project, kemudian pada pilihan package, biarkan kosong dulu, dan kemudian kita create

Kemudian kita akan membuat game object baru dengan cara (Game Object à Create Empty). Game object kosong ini nanti akan kita gunakan sebagai komponen yang akan ditampilkan menjadi game kita dengan bantuan script.
Ya, kita tidak akan menggunakan editor 3D karena game yang akan kita buat akan menjadi game yang benar-benar 2D, termasuk backgroundnya. Mungkin nanti akan dibahas juga bagaimana membuat main menu dengan background 3D.
Setelah kita memiliki Game object, kita akan membuat juga sebuah script, dimana script ini akan berguna sebagai pengatur game kita, apa yang ditampilkan, serta apa yang akan dilakukan ketika pemain berinteraksi dengan game kita. Untuk membuatya (Project à Create à Javascript). Kemudian rename file javascript tersebut menjadi MainMenu (Klik di file yang ingin di rename à F2)

Setelah itu kita perlu untuk memasukkan resources yang akan digunakan dalam main menu kita, yang terdiri dari:
  • Background
  • Judul Game
Sebagai contoh, berikut adalah gambar yang penulis gunakan untuk background:
[gambar peta disini]
Dan untuk gambar judul:
[gambar judul disini]
Silahkan disimpan ke komputer anda. Langkah selanjutnya adalah untuk meng-import resources tersebut ke dalam unity, dengan cara (Klik kanan di project à Import new asset) kemudian import dua gambar di atas:

Buatlah sebuah folder baru, dengan cara (Project à Create à Folder) dan kemudian rename menjadi resources. Setelah itu drag kedua gambar yang sudah diimport tadi ke dalam folder tersebut, sehingga tampilan akhir resources kita akan menjadi:

Langkah selanjutnya adalah untuk mengedit Script main Menu di atas
Silahkan copy paste kode di bawah:
var controlTexture:Texture2D;
var lvlwidth = 1024;
var lvlheight = 768;
function OnGUI() {
        var startX = Screen.width / 2 – lvlwidth / 2;
        var startY = Screen.height / 2 – lvlheight / 2;
        GUI.DrawTexture(Rect(Screen.width / 2 – lvlwidth / 2, Screen.height / 2 – lvlheight / 2,lvlwidth, lvlheight), Resources.Load(“background_level1″));
        startY += 150;
        GUI.DrawTexture(Rect(Screen.width/2 – controlTexture.width/2,startY, controlTexture.width, controlTexture.height), controlTexture);
        if(GUI.Button(Rect(Screen.width/2 – 125, startY + controlTexture.height + 30, 250, 50), “Play Game”)){
        }
        if(GUI.Button(Rect(Screen.width/2 – 125,startY + controlTexture.height + 100,250, 50), “High Score”)){
        }
        if(GUI.Button(Rect(Screen.width/2 – 125,startY + controlTexture.height + 170,250, 50), “About”)){
        }
        if(GUI.Button(Rect(Screen.width/2 – 125,startY + controlTexture.height + 240,250, 50), “Exit”)){
            Application.Quit();
        }
}

Sekarang kita akan membahas satu persatu.
Baris di bawah:
var controlTexture:Texture2D;
var lvlwidth = 1024;
var lvlheight = 768;

Merupakan deklarasi dari sebuah texture, atau gambar dari judul yang akan kita tampilkan.
Sedangkan lvlwidth dan height merupakan panjang dan lebar dari game kita nantinya.
function OnGUI() {                

Method OnGUI ini adalah method yang akan dipanggil setiap kali grafik di update +- tiap 20 ms, sehingga di dalamnya kita akan menaruh tampilan dari aplikasi kita.
    var startX = Screen.width / 2 – lvlwidth / 2;
        var startY = Screen.height / 2 – lvlheight / 2;
        GUI.DrawTexture(Rect(Screen.width / 2 – lvlwidth / 2, Screen.height / 2 – lvlheight / 2,lvlwidth, lvlheight), Resources.Load(“background_level1″));
        startY += 150;
        GUI.DrawTexture(Rect(Screen.width/2 – controlTexture.width/2,startY, controlTexture.width, controlTexture.height), controlTexture);

GUI.DrawTexture akan menggambar sebuah elemen GUI di layar, dalam kasus ini kita menggambar elemen Rect dengan lebar layar/2 – lebar game/2 sehingga aplikasi kita terdapat di tengah layar.
Resources.Load(“background_level1″) akan meload resources yang kita miliki, atau kita bisa juga menggunakan texture2D yang sudah dideklarasikan di atas (controlTexture) dengan keunggulan kita dapat dengan mudah mengetahui lebar, panjang maupun property lainnya dari resources yang telah dideklarasikan sebelumnya.
if(GUI.Button(Rect(Screen.width/2 – 125, startY + controlTexture.height + 30, 250, 50), “Play Game”)){
}
if(GUI.Button(Rect(Screen.width/2 – 125,startY + controlTexture.height + 100,250, 50), “High Score”)){
}
if(GUI.Button(Rect(Screen.width/2 – 125,startY + controlTexture.height + 170,250, 50), “About”)){
}
if(GUI.Button(Rect(Screen.width/2 – 125,startY + controlTexture.height + 240,250, 50), “Exit”)){
    Application.Quit();
}

Untuk membuat button, sekaligus untuk menangani saat button tersebut di tekan. Untuk play game, highscore, about, akan diupdate di post selanjutnya.
Untuk keluar kita akan memanggil: Application.Quit() untuk menutup game kita.
Kalau sudah, langkah selanjutnya adalah “menempelkan” script ini ke game object yang kosong, dan juga menentukan controlTexture yang dideklarasikan. Untuk menempelkan script ini ke game, cukup drag and drop script ini dari project, ke game object kita di Hirearchy hingga bewarna biru.

Setelah itu, silahkan klik di GameObject, dan edit controlTexture di jendela inspector menjadi gambar judul yang sudah dimasukkan tadi

Silahkan coba jalankan game anda.
Untuk contoh Game hasil Unity3d dibawah:

Falppy Bird untuk Android

27 komentar:

  1. Nice Info..ditunggu posting selanjutnya

    BalasHapus
  2. serius itu contoh game dari unity??
    Kayaknya dari RPGmaker deh.. lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujua gan ,emang ini kayanya gambar dari RPGmaker

      Hapus
  3. gan cara masukin script exit dimana nya ya?

    BalasHapus
  4. RPG maker itu contohnya..
    Unity gak begitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee yg gk bisa bedain tampilan game engine. . Blum prnh pke ya?

      Hapus
  5. Wkakkaka, gw dah serius bacain atas2nya, eh bawahnya malah ke rmxp.... asem

    BalasHapus
  6. kalian pada kaya tukang ngimpoy

    BalasHapus
  7. kok gk bisa ya, padahal udah mau belajar banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lg gan mungkin ada yg salah di penulisan skriptnya.. untuk game 2d seperti itu menurut saya tidak terlalu sulit. Walau di atas ada pengertian slh dan kurang sih

      Hapus
  8. makasih gan infonya bermanfaat banget

    BalasHapus
  9. makasih gan, ternyata gampang juga ya buatnya ga pala jauh sama buat website

    BalasHapus
  10. wkwkwk endingnya belum di Update gan!!!

    BalasHapus
  11. Yg ngmong RpgMaker itu org Kudet ngmong ajh kgk prnh pke lol

    BalasHapus
  12. dah mas gk sah di ambil ati,
    anggap aja itu smua ijian buat mas..

    BalasHapus
  13. mau nanya bg.

    jika kita mempunyai gambar 3D, terus ingin membuat petunjuk lokasi apakah bisa dibuat dengan unity3d ? misalkan membuat button dengan nama "halaman depan rumah" jika di klik maka gambar 3d halaman depan rumah tersebut menjadi focus layar nya ? bisa ga bg ?

    BalasHapus
  14. mau tanya mas bro sedikit tentang unity nih, kalau mau masukin objek 3d ke dalam tombol yang udah dibikin sebelumnya, itu gimana Yoo.?

    BalasHapus
  15. Mau tanya dong kalo buat informsi untuk objeknya gimana ya?

    BalasHapus
  16. Di unity 3d juga memang kalau 2dnya tergantung pembuatnya jd kemungkinan bisa sama kaya rpg maker. Jd ga bisa di salahkan jg gambar di atas. Lbh baik coba dulu gan saya dah coba tp saya lbh asik buat 3d dari pada 2d

    BalasHapus
  17. Dicari yg bisa unity di daerah bandung..hub 089602779743

    BalasHapus
  18. Ane mau tanya nih, kenapa ya unity saya gak bisa build game untuk semua platform kecuali web player

    BalasHapus
  19. What is the difference between casino games and slots?
    Slot games poormansguidetocasinogambling are the 바카라 사이트 most popular types 1xbet korean of casino games, and the majority are slots. and septcasino the most commonly played slot games. https://octcasino.com/

    BalasHapus